Membuat Bootable Windows 10 Dari USB Flashdisk

Setelah Anda melakukannya dan prosesnya dimulai, tunggu hingga Anda melihat Flash Lengkap! 3. Setelah disk dimuat dan gambar ISO dipilih, klik pada Startup Disk dan tunggu hingga proses selesai. Pada saat melakukan proses bootable saya dibantu oleh teman saya dari SMK Muhima Demak. Catatan: Ketika lampu kilat selesai, macOS Anda mungkin menampilkan pesan yang mengatakan bahwa Disk yang Anda masukkan tidak dapat dibaca oleh komputer ini . Tidak perlu melakukan pengaturan apa pun. Sehingga tidak perlu keping CD atau DVD yang rentan akan kerusakan. Misalnya membuat instalasi bootable Windows 10. Biasanya Windows dapat diinstal menggunakan fasilitas CD/DVD, yang menjadi masalah ketika laptop anda tidak memiliki fasilitas tersebut atau anda kesulitan mencari DVD blank untuk membakar file ISO Windows 10. Maka dengan Rufus anda bisa membuat Bootable Windows 10 menggunakan flashdisk. Hai sobat Sharing PC Tutorial, kali ini saya akan membagikan tutorial cara menjadikan flashdisk sebagai usb bootable menggunakan Rufus. Jika perangkat lunak yang terbakar tidak menemukan file gambar (ISO file) atau USB Drive, Silakan tentukan mereka secara manual.
Opsi View or Remove Installed Distros berguna untuk melihat sistem operasi atau tool-tool yang sudah pernah diinstall pada USB flash drive dan jika dibutuhkan dapat menghapus sistem operasi atau tool-tool yang tidak diinginkan. Yg ditest kan pake Flash Drive USB 3. Kalo Pake Flash Driver USB 2.0 gak gitu ngefek donk. Aturlah USB Flashdisk menjadi urutan pertama pada urutan boot di perangkat anda. Cara Membuat Bootable Windows di Flashdisk. Sebenarnya bisa saja saya menggunakan komputer sendiri yang menggunakan sistem operasi linux ubuntu, namun saat itu saya sering kali mengalami kegagalan pada saat proses pembuatan bootable USB untuk sistem operasi Windows. Download YUMI Multiboot USB Creator. Klik tombol I Agree dengan lisensi penggunaan YUMI (Your Universal Multiboot Installer). Security & Privacy dan klik tombol Open Anyway yang terkait dengan Etcher . Hasil yang kita peroleh kita menjadi tahu fungsi keuntungan menggunakan Live USB dan ternyata Live USB sangatlah membantu selain sebagai solusi ketika CD/DVD ROM rusak dan sebagai solusi apabila di notebook atau PC tidak mempunyai CD/DVD ROM selain itu dari segi ekonomis lebih murah karena kita tidak perlu membeli CD . Selanjutnya akan ditampilkan konfirmasi, apakah kita ingin menambah sistem operasi lain pada saat itu juga atau tidak. Media instalasi menggunakan bootable USB flash drive akan sangat bermanfaat bagi seorang teknisi komputer atau pemilik komputer, terutama ketika akan menginstall netbook atau notebook yang tidak memiliki CD/DVD drive.
  1. Hubungkan USB flashdisk ke komputer
  2. File ISO Windows 10 Terbaru
  3. Tekan tombol enter dan lanjutkan dengan mengisi password
  4. Untuk memulai bootable klik"start”
  5. Menjalankan YUMI
  6. 1394 Firewire Support
Anda bisa juga membuat bootable DVD Windows 10 menggunakan tutorial ini atau seperti cara yang pernah dibuat sebelumnya menggunakan software CDBurnerXP. Termasuk juga jika tidak bisa boooting dari CD/DVD-ROM. Jangan panik jika kadang tampak tidak ada aktifitas dalam jendela Command prompt, ini karena file-file dalam cd/dvd sedang di 'cache' ke dalam RAM. Tapi sekarang saya tidak perlu lagi meminjam komputer milik orang lain yang menggunakan sistem operasi Windows, karena sekarang sudah ada perangkat lunak yang bernama WOEUSB yang dapat digunakan pada sistem operasi Linux Ubuntu. Jika Anda tidak menentukan lokasi khusus, Anda akan dapat menemukannya di folder Unduhan . Pada halaman berikutnya tentukan lokasi disk instalasi Windows Anda di kotak pertama, dan drive flash USB tujuan di yang kedua. 4. Di Etcher, klik Pilih gambar dan arahkan ke lokasi file ISO yang sebelumnya Anda unduh. Laju pemasangan yang secara signifikan lebih cepat dibandingkan media pemasangan biasa. Selain lebih cepat proses instalasi dibandingkan menggunakan media CD/DVD, menggunakan USB sangat mempermudah kita untuk update BIOS, recovery password atau mencoba, memeriksa dan menganalisa sebuah sistem operasi kita punya.
Penambahan sistem operasi atau tool-tool lain dapat dilakukan pada waktu berbeda. Jangan khawatir tentang itu dan jangan klik pada Initialise . Setelah proses format dan penyalinan file selesai, klik tombol Next. Opsi Format Drive (Erase Content) digunakan untuk memerintahkan aplikasi memformat USB flash drive yang digunakan. Dari sekian banyak aplikasi yang bisa digunakan membuat flash drive untuk sistem operasi Windows, Penulis lebih memilih untuk menggunakan Windows 7 USB/DVD Download tool. Setelah Anda membuka Disk Utility, pastikan USB stick terhubung dengan benar. Kemudian, klik dua kali Startup Disk Creator untuk membuka aplikasi. Kemudian, klik tombol Lainnya dan muat ISO Ubuntu. Pertama pergi ke situs WinToFlash, kemudian unduh dan instal edisi WinToFlash Lite. Rufus mempunyai fungsi dan cara kerja mirip dengan Wintoflash namun dengan kelebihan dan fitur yang lebih banyak. Setelah instalasi, WinToFlash akan terbuka secara otomatis. Catatan: Secara default, semua versi macOS terbaru diblokir dari menjalankan aplikasi dari pengembang yang tidak dikenal.